Pengaruh Solvabilitas, Financial Distress, Profitabilitas, Umur Perusahaan, dan Reputasi KAP terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2019-2022)

Authors

  • Selvia Sunarsa Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/ni.v3i1.2952

Keywords:

Solvabilitas, Financial Distress, Profitabilitas, Umur Perusahaan, Reputasi KAP, Audit Report Lag

Abstract

Penelitian ini berorientasi pada pengujian dan perolehan bukti tentang adanya Pengaruh Solvabilitas, Financial Distress, Profitabilitas, Umur Perusahaan, dan Reputasi KAP terhadap Audit Report Lag. Penelitian ini menggunakan Long Term Debt to Equity Ratio (LTDER) untuk menilai solvabilitas, perhitungan model Zmijewski untuk mengukur financial distress, Operating Profit Margin (OPM) untuk menilai tingkat profitabilitas, dan penggunaan variabel dummy untuk menggelompokkan reputasi KAP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor Energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019-2022. Data kajian ini ialah data sekunder. Kajian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling untuk menyeleksi populasi sehingga diperoleh 160 sampel yang berasal dari 40 perusahaan yang berhasil lolos seleksi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan program Aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 29. Hasil temuan Uji Parsial T menunjukkan bahwa Solvabilitas, Financial Distress dan Reputasi KAP secara parsial berpengaruh terhadap Audit Report Lag. Sedangkan Profitabilitas dan Umur Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Audit Report Lag. Namun, hasil temuan Uji Simultan F menunjukkan bahwa Solvabilitas, Financial Distress, Profitabilitas, Umur Perusahaan, dan Reputasi KAP secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap Audit Report Lag.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Selvia Sunarsa, & Etty Herijawati. (2024). Pengaruh Solvabilitas, Financial Distress, Profitabilitas, Umur Perusahaan, dan Reputasi KAP terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Tahun 2019-2022). NIKAMABI, 3(1). https://doi.org/10.31253/ni.v3i1.2952