Pengaruh Labelisasi Halal dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan

Main Article Content

Authors

    Surya Adi Wijaya( 1 ) Sri Padmantyo( 2 )

    (1) Universitas Muhammadiyah Surakarta | Indonesia
    (2) Universitas Muhammadiyah Surakarta | Indonesia

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam. Semakin berkembangnya produk makanan impor dalam kemasan yang masuk ke negara Indonesia memberikan dampak terhadap keraguan masyarakat muslim atas halal atau tidaknya produk tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat keberpengaruhan labelisasi halal dan halal awareness terhadap keputusan pembelian pada produk makanan impor dalam kemasan. Metode penelitian memakai metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dari penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta yang pernah membeli produk makanan impor dalam kemasan. Dalam penelitian ini, 200 responden dipilih secara acak sebagai bagian dari metode sampling yang disebut "purposive sampling". Skala Likert 5 dipakai dalam metode pengukuran sampel. Analisis regresi linier berganda dipergunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menyatakan bahwa labelisasi halal mempengaruhi signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudian variabel halal awareness juga mempengaruhi keputusan pembelian. Labelisasi halal dan halal awareness, keduanya bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian makanan kemasan impor

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wijaya, S. A., & Padmantyo, S. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(2), 161–168. https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1843
Section
Articles

Abstract views: 861 / PDF downloads: 1621