Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Dan Media Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Tangerang Pada Aplikasi Marketplace Blibli (Studi Kasus Pada Blibli)

Main Article Content

Authors

    Alexander( 1 ) Yanti Puspa Rini( 2 ) Adrian Maulana Chandra( 3 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Penulisan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, dan Media Promosi mempunyai pengaruh yang besar kepada Minat Beli Konsumen Kota Tangerang terhadap MarketPlace Blibli. Studi ini dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada konsumen langsung di Kota Tangerang. Penelitian menggunakan metode Random Purposive Sampling. Dan koefisiensi korelasi X1 Sebesar 0,671 yang artinya 67,1% variabel Kepuasan Pelayanan berpengaruh terhadap Minat Beli sedangkan 32,9% lainya di pengaruhi  variabel lain. Jika dilakukan tes variabel X2 nilai korelasi nya adalah 0,770 yang artinya 77% Faktor Word Of Mouth terdapat pengaruh terhadap Minat Beli sedangkan 33% lainya di pengaruhi oleh variabel lain.  Jika dilakukan pengujian secara simultan terhadap variabel X1, X2, dan X3 maka korelasi determinasi didapatkan adalah adalah 0,686 atau 68,6 %. Sehingga Kesimpulan yang dapat ditarik ialah variabel bebas (X1, X2, X3) terhadap Variabel terikat (Y) sebesar 68,6%, sedangkan sisanya sebesar 31,4% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis di peroleh Thitung untuk Kualitas Pelayanan Sebesar 10.0352, Thitung Word Of Mouth sebesar 13,806, dan Thitung Media Promosi sebesar 13,080 dengan Ttabel sebesar 1,65675 dengan kata lain Ho ditolak Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alexander, Yanti Puspa Rini, & Adrian Maulana Chandra. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Dan Media Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Tangerang Pada Aplikasi Marketplace Blibli (Studi Kasus Pada Blibli). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 22(1), 52–58. https://doi.org/10.31253/pe.v22i1.2661
Section
Articles

Abstract views: 179 / PDF downloads: 191