The Effect Of Trust, Online Promotion, And Quality Of Service On Purchase Decisions Through Social Media And Marketplace

Main Article Content

Ravena Gabriela Brittany
Andy Andy

Abstract

  1. Maharaja Pusaka Nusantara adalah sebuah instansi dibidang industri kopi, dan memiliki brand yaitu Maharaja Coffee. Perusahaan telah mengikuti revolusi industri 4.0 dengan menjual produknya di online. Terdapat masalah, bahwa perusahaan kurang memberikan rasa integritas kepada konsumen, promosi online kurang optimal, dan kualitas layanan yang kurang memuaskan. Sehingga ketiga variabel tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian melalui media sosial dan marketplace.

Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui seberapa besarkepercayaan, promosi online, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian melalui media sosial dan marketplace pada Maharaja Coffee di Kota Tangerang.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 150 sampel. Penelitian ini menggunakan jenis simple random sampling.


Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial telah memperoleh hasil t_hitung untukkepercayaan yaitu 4,962, t_hitung untuk promosi online yaitu 6,157, dan t_hitung untuk kualitas layanan yaitu 0,516, dengan t_tabel senilai 1,655. Secara simultan Hasil yang telah diperoleh dari F_Hitung yaitu 60,099 dengan F_Tabel yaitu 2,67.


Pada penelitian ini telah disimpulkan bahwa terdapat hubungan antarakepercayaan dan promosi online terhadap keputusan pembelian. Kemudian tidak ada hubungan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian. Apabilakepercayaan, promosi online, dan kualitas layanan dapat ditingkatkan dengan baik maka dapat mempengaruhi keputusan pembelian.


 


Kata kunci: Kopi, Integritas, Digital, Pemasaran, Kuantitatif.

Article Details

How to Cite
Brittany, R. G., & Andy, A. (2022). The Effect Of Trust, Online Promotion, And Quality Of Service On Purchase Decisions Through Social Media And Marketplace. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 20(2). https://doi.org/10.31253/pe.v20i2.998
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)