Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan pada Karang Taruna Kelurahan Proyonanggan Selatan Batang

Main Article Content

Authors

    Mafida Nur Istiqomah( 1 ) Putri Aprilliani( 2 ) Serlinda Ane Yulaicha( 3 ) Elsa Nadiya Febriani( 4 ) Hendri Hermawan Adinugraha( 5 )

    (1) UIN KH.Abdurahman Wahid | Indonesia
    (2) UIN KH.Abdurahman Wahid | Indonesia
    (3) UIN KH.Abdurahman Wahid | Indonesia
    (4) UIN KH.Abdurahman Wahid | Indonesia
    (5) UIN KH.Abdurahman Wahid | Indonesia

Abstract

Karang Taruna sebagai Organisasi sosial kemasyarakatan serta wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial” Karang Taruna Proyonanggan Selatan masih di bawah naungan kelurahan sehingga mendapatkan dana setiap tahunnya. Oleh karena itu, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk menghasilkan sebuah laporan keuangan yang berkualitas. Namun pada nyatanya Laporan Keuangan yang dilakukan oleh bendahara karang taruna masih manual sehingga kegiatan pengabdian ini dilakukan guna membantu anggota karang taruna dalam menyusun Laporan Keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi. Kegiatan ini dilakukan melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada para anggota karang taruna Proyonanggan Selatan. Berdasarkan  dari kegiatan PKM yang telah dilakukan, dihasilkan terdapat peserta yang mampu memahami materi 80%  dan 4 peserta lainnya 70%. Selain itu Berdasarkan Praktik Pembuatan Laporan Keuangan yang dilakukan peserta anggota karang taruna yang hadir mampu memahami konsep Laporan Keuangan dan cara membuat Laporan Keuangan dan menghasilkan Sebanyak empat Laporan Keuangan berhasil tersusun dengan rapi sesuai dengan yang diinginkan serta mampu menyajikan Menggunakan Laptop tidak manual seperti sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Istiqomah, M. N., Aprilliani, P. ., Ane Yulaicha, S. ., Nadiya Febriani, E., & Hermawan Adinugraha, H. . (2023). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan pada Karang Taruna Kelurahan Proyonanggan Selatan Batang. Abdi Dharma, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.31253/ad.v3i1.1281
Section
Articles

Abstract views: 148 / PDF downloads: 508