Pelatihan dan Penerapan Etika Bisnis Kepada Mitra UMKM di Koperasi Madani Tangerang

Authors

  • Canggih Gumanky Farunik Universitas Buddhi Dharma
  • Dian Adventy Universitas Buddhi Dharma
  • Wik Yang Universitas Buddhi Dharma
  • Cristian Carles Universitas Buddhi Dharma
  • Liana Putri Universitas Buddhi Dharma
  • Cindy Theresia Universitas Buddhi Dharma
  • Ruben Samuel Aristian Universitas Buddhi Dharma
  • Adrian Hidayat Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/ad.v2i2.1731

Keywords:

utilitarianisme, koperasi, analisis biaya dan manfaat, etika bisnis

Abstract

Etika adalah salah satu bagian penting dalam interaksi sosial kemanusiaan, tidak terkecuali di dalam suatu organisasi usaha, seperti koperasi. Salah satu konsep etika modern yang cukup terkenal adalah etika utilitarianisme. Utilitas artinya perangkat atau kegunaan, atau dengan kata lain, dasar suatu tindakan ekonomi itu baik atau tidak ditentukan pada tinggi atau rendahnya nilai utilitas. Utilitarianisme juga disebut sebagai teori etika konsekuensional, karena menekankan nilai moral pada “sebab-akibat” atau pada dampak dari tindakan moral yang dilakukan. Analisis biaya dan manfaat ini menghitung berapa besar biaya yang akan dikeluarkan seorang pelaku usaha dan dampak yang akan ditanggung oleh masyarakat jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan diterima oleh pelaku usaha dan manfaat yang akan diterima oleh masyarakat.

Metode pelaksanaan dari Program Pengabdian Masyarakat ini adalah Penggunaan rumus CB dan membuat skala kemanfaatan, secara tidak langsung membentuk budaya atau landasan etis dari internal Koperasi Madani dengan mendasarkan pada nilai utilitas atau kebermanfaatan, dimana manfaat tidak hanya dirasakan oleh anggota koperasi saja, tetapi juga kepada masyarakat sekitar, mitra usaha, hingga stakeholder lainnya dalam Koperasi Madani tersebut.

Published

2022-10-24

How to Cite

Gumanky Farunik, C. ., Adventy, D. ., Yang, W. ., Carles, C. ., Putri, L. ., Theresia, C. ., Samuel Aristian, R. ., & Hidayat, A. . (2022). Pelatihan dan Penerapan Etika Bisnis Kepada Mitra UMKM di Koperasi Madani Tangerang. Abdi Dharma, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.31253/ad.v2i2.1731

Most read articles by the same author(s)