Pelatihan dan Penerapan Etika Bisnis Kepada Mitra UMKM di Koperasi Madani Tangerang

Main Article Content

Authors

    Canggih Gumanky Farunik( 1 ) Dian Adventy( 2 ) Wik Yang( 3 ) Cristian Carles( 4 ) Liana Putri( 5 ) Cindy Theresia( 6 ) Ruben Samuel Aristian( 7 ) Adrian Hidayat( 8 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (8) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Etika adalah salah satu bagian penting dalam interaksi sosial kemanusiaan, tidak terkecuali di dalam suatu organisasi usaha, seperti koperasi. Salah satu konsep etika modern yang cukup terkenal adalah etika utilitarianisme. Utilitas artinya perangkat atau kegunaan, atau dengan kata lain, dasar suatu tindakan ekonomi itu baik atau tidak ditentukan pada tinggi atau rendahnya nilai utilitas. Utilitarianisme juga disebut sebagai teori etika konsekuensional, karena menekankan nilai moral pada “sebab-akibat” atau pada dampak dari tindakan moral yang dilakukan. Analisis biaya dan manfaat ini menghitung berapa besar biaya yang akan dikeluarkan seorang pelaku usaha dan dampak yang akan ditanggung oleh masyarakat jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan diterima oleh pelaku usaha dan manfaat yang akan diterima oleh masyarakat.


Metode pelaksanaan dari Program Pengabdian Masyarakat ini adalah Penggunaan rumus CB dan membuat skala kemanfaatan, secara tidak langsung membentuk budaya atau landasan etis dari internal Koperasi Madani dengan mendasarkan pada nilai utilitas atau kebermanfaatan, dimana manfaat tidak hanya dirasakan oleh anggota koperasi saja, tetapi juga kepada masyarakat sekitar, mitra usaha, hingga stakeholder lainnya dalam Koperasi Madani tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gumanky Farunik, C. ., Adventy, D. ., Yang, W. ., Carles, C. ., Putri, L. ., Theresia, C. ., Samuel Aristian, R. ., & Hidayat, A. . (2022). Pelatihan dan Penerapan Etika Bisnis Kepada Mitra UMKM di Koperasi Madani Tangerang. Abdi Dharma, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.31253/ad.v2i2.1731
Section
Articles

Abstract views: 233 / PDF downloads: 435

Most read articles by the same author(s)