Pemberdayaan terhadap Pengembangan Kualitas Asset SDM pada SMAN 3 Tangerang dalam Memasarkan Hasil Kreativitasnya secara Efektif dan Efisien

Main Article Content

Authors

    Toni Yoyo( 1 ) Rinintha Parameswari( 2 ) Berlin Silaban( 3 ) Salikim Salikim( 4 ) Georgius Listen( 5 ) Nana Sutisna( 6 ) Sutrisna Sutrisna( 7 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Pemberdayaan ini bertujuan memberikan pengabdian kepada masyarakat secara khusus pada siswa siswi kelas X SMAN 3 Tangerang agar siswa siswi bisa berkembang dalam melakukan pemasaran produk kreatif siswa yang mereka buat yang bertujuan supaya produk kreativitas yang siswa hasilkan bisa diterima bukan hanya di lingkup sekolah tetapi juga diterima oleh masyarakat luas. Proses pengabdian ini menerapkan pendekatan ABCD.  Menurut hasil pemberdayaan pada lingkup kelas X SMAN 3 Tangerang menerapkan metode Aset Based Community Development (ABCD) sehingga bisa disimpulkan bahwa pengabdian dengan cara mengembangkan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada siswa siswi SMAN 3 Tangerang untuk pemahaman dan penerapan pemasaran yang efektif dan efisien tersebut, tidak akan berhasil jika tidak ada kerjasama dan partisipasi aktif bantuan sekolah serta masyarakat khususnya dari berbagai lingkup komunitas di masyarakat. Organisasi serta lembaga yang terkait dengan komunitas UMKM yang di jalankan oleh siswa siswi kelas X SMAN 3 Tangerang. Penerapan pemberdayaan berjalan dengan baik karena pemberdayaan ini yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa siswi kelas X dalam melakukan wiraswasta, ternyata cukup baik. Pemahaman siswa berkaitan dengan produk yang mereka hasilkan dan cara mereka pasarkan juga sangat berbobot untuk ukuran usia mereka yang masih belia. Siswa dapat secara aktif dapat mengklaim cara pemasaran mana, yang efektif serta dapat mendorong penjualan produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yoyo, T., Parameswari, R., Silaban, B., Salikim, S., Listen, G., Sutisna, N., & Sutrisna, S. (2023). Pemberdayaan terhadap Pengembangan Kualitas Asset SDM pada SMAN 3 Tangerang dalam Memasarkan Hasil Kreativitasnya secara Efektif dan Efisien. Abdi Dharma, 3(2), 149–158. https://doi.org/10.31253/ad.v3i2.2352
Section
Articles

Abstract views: 121 / PDF downloads: 90