Implementasi Service Excellent pada Pegawai BMT Bina Umat
Main Article Content
Abstract
Pelayanan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam industri manufaktur maupun jasa. Banyak perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Tidak terkecuali bagi industri jasa keuangan kecil yakni BMT Bina Umat. Dalam kegiatan operasionalnya sehari-hari BMT Bina Umat dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk nasabahnya. Pelayanan menjadi ujung tombak yang sangat penting bagi BMT. Berdasar pada Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), salah satu kelemahan pada BMT yakni terkait isu pengelolaan sumber daya manusia. Isu SDM yang kurang pada penguatan ahlak dan kedisiplinan dalam melayani nasabah. Tujuan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) adalah untuk membudayakan pola pikir positif di kalangan pegawai melalui pelatihan yang berpusat pada etos "Pelayanan Prima atau Service Excellent”. Perubahan pola pikir ini diharapkan memberdayakan pegawai untuk memberikan pelayanan yang tulus dan perhatian. Mengingat pentingnya memiliki perwakilan yang teladan untuk melayani pelanggan dengan efektif, dukungan dan pelatihan sangat diperlukan. Materi pelatihan mencakup aspek-aspek seperti kesadaran pelayanan, ekspresi wajah, keterampilan komunikasi, penanganan keluhan, dan membina emosi positif dipahami oleh peserta dengan baik. Kegiatan PkM ini berjalan dengan baik sesuai dengan waktu yang sudah direncanakan. Hasil dari kegiatan PkM ini peserta lebih memahami kembali terkait dengan Service Excellent. Peserta menilai materi kegiatan ini sangat sesuai dengan pekerjaannya. Hasil juga dibuktikan melalui evaluasi dari nasabah terkait Service Excellent yang sudah dilakukan menunjukkan angka 4 yang artinya nasbah cukup puas dengan pelayanan yang diberikan.
Downloads
Article Details
I hereby assign and transfer to Abdi Dharma all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to Abdi Dharma from the date the article is accepted for publication. I also understand that Abdi Dharma, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that Abdi Dharma permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.
Abstract views: 126 / PDF downloads: 86