Usulan Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Pada Unit Produksi Sheeting Line Proses Penggilingan Di PT. Supratama Aneka Industri

  • Windi Belina Krestin Universitas Buddhi Dharma
  • Abidin Abidin Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Saat ini berbagai perusahaan industri sedang mengalami perkembangan. Salah satunya PT. Supratama Aneka Industri adalah pabrik yang bergerak di bidang industri manufaktur, yang memproduksi berbagai macam aneka jenis dari hasil penggilingan biji plastik salah satunya mangkuk plastik dengan merek (super bubur). Adapun permasalahan yang sering terjadi dan dikeluhkan yaitu mengenai tentang kecacatan produk dari mangkuk plastik yang masih sering terjadi di perusahaan. Maka dari itu sebagai upaya untuk mendukung dan mengevaluasi kebijakan dalam mengatasi kecacatan yang terjadi di perusahaan, yaitu dengan menggunakan Statistical Process Control, dengan tahapan alat bantu dari check sheet, peta kendali, dan diagram tulang ikan (fishbone diagram).


Hasil penelitian menunjukan bahwa kecacatan yang terjadi pada perusahaan terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu karena mangkuk cacat yang terlalu panas/tipis, terdapat flashing pada mangkuk, dan terdapat sink mark pada mangkuk. Berdasarkan data yang sudah diteliti pada bulan Oktober hingga November 2020 dalam pelaksanaan proses produksi mangkuk plastik, perusahaan memililiki kecacatan sebesar 1.807/pcs. Selanjutnya faktor kecacatan lain pada mangkuk yaitu karena lingkungan, mesin, human error, material, dan metode. Dari permasalahan diagram tulang ikan, ada upaya yang dilakukan sebagai usulan dalam perbaikan, maka digunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) sebagai metode untuk menganalisa dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui lebih lanjut masalah yang paling dominan dengan ranking yang paling tertinggi pada kecacatan mangkuk dari proses produksi.

Published
2021-10-27
How to Cite
KRESTIN, Windi Belina; ABIDIN, Abidin. Usulan Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Pada Unit Produksi Sheeting Line Proses Penggilingan Di PT. Supratama Aneka Industri. Akselerator : Jurnal Sains Terapan dan Teknologi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 111-117, oct. 2021. ISSN 2721-7779. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/aksel/article/view/1368>. Date accessed: 10 aug. 2022.