ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE DALAM MENENTUKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. INOVATIF TEKNIK MESINDO DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C4.5

Authors

  • Setiadi Salim Universitas Buddhi Dharma
  • Ardie Halim Wijaya Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perkembangan ilmu teknologi tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat bahkan sudah menjadi kebutuhan hidup sehari – hari untuk masyarakat. Dampak dari perkembangan tersebut adalah teknologi sekarang banyak digunakan untuk melakukan bisnis perdagangan. Semisalnya, pemanfaatan handphone dalam menopang seluruh aktifitas perusahaan seperti penjualan online, pemasaran online, ataupnu sebagai bentuk media promosi. E-Commerce sendiri ialah sebuah aktifitas bagi usahawan dalam melakukan kegiatan promosi, penjualan bahkan pembelian. PT. Inovatif Teknik Mesindo merupakan sebuah perusahaan dagang yang menjual berbagai jenis alat kontruksi dan sistem penjualan pada saat ini masih berbentuk penjualan secara konvensional dan belum menerapkan aktifitas penjualan secara online, oleh karena itu sistem penjualan pada saat ini menjadi tidak maksimal. Maka dilakukanlah penelitian berupa perancangan penjualan online berbasis website untuk PT. Inovatif Teknik Mesindo. Adapun metode yang akan diimplementasikan ke dalam sistem penjualan yang akan dirancang yaitu algoritma C4.5 yang digunakan sebagai sistem pendukung keputusan dalam penentuan kepuasan pelanggan dengan beberapa kriteria yang sudah ditetapkan. Berdasarkan 40 data responden yang sudah dimasukan ke dalam kriteria yang sudah ditetapkan dan diolah dengan aplikasi RapidMiner memiliki nilai accuracy data sebanyak 62.50%. Sebanyak 17 responden selaku user pada website e-commerce merasakan puas dengan hasil rata – rata 86,05% dari website yang sudah dirancang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-27