ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PRODUK BERBASIS WEB DENGAN METODE TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu e-commerce berbasis web agar pelanggan
dapat melakukan pemesanan produk secara online, mengimplementasikan metode TAM
(Technology Acceptance Model) yang digunakan dalam perancangan e-commerce berbasis
web dan meningkatkan penjualan produk pada PT. Qiao Xing Industry. Metode dari penelitian
ini adalah Technology Acceptance Model, Technology Acceptance Model adalah suatu model
untuk memprediksi dan menjelaskan bagaimana pengguna teknologi menerima dan
menggunakan teknologi yang berkaitan dengan pekerjaan pengguna. Hasil dari penelitian ini
adalah dengan adanya sistem informasi e-commerce berbasis web ini maka dapat lebih
mempermudah pelanggan melakukan pemesanan produk secara online, diharapkan dengan
adanya penerapan sistem informasi e-commerce berbasis web pada PT. Qiao Xing Industry
dapat bersaing dalam pemasaran produk untu meningkatkan omset penjualan perusahaan dan
hasil uji sistem dengan metode Technology Acceptance Model dapat disimpulkan dalam kriteria
sangat setuju dengan nilai 89,54%. dengan hasil variabel perceived usefulness sebesar
86,86%, hasil variabel perceived easy of use sebesar 88,4%, hasil variabel usability sebesar
90,2%, hasil variabel graphic design sebesar 91,2%, hasil variabel compatibility sebesar 89,3%
dan hasil variabel functionality sebesar 91,3%.