PERANCANGAN SISTEM INFORMASI B2B BERBASIS WEB PADA INDUSTRI KAROSERI DENGAN PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)

  • Imanuel Vincent Kusuma
  • Suwitno Suwitno Buddhi Dharma
  • Andri Wijaya
  • Ardiane Rossi Kurniawan Maranto

Abstract


Melihat pentingnya peranan sistem informasi sebagai garis depan dalam pemasaran dan sebagai alat untuk mempermudah proses bisnis dalam Industri Karoseri Megah, mendorong penulis ingin membuat sebuah sistem informasi B2B di dalam Industri Karoseri Megah. Pembuatan sistem informasi ini bertujuan untuk memudahkan dalam pemasaran dan juga untuk meningkatkan penjualan secara online, yang pada akhirnya akan dianalisa dengan penggunaan  metode TAM (Technology Acceptance Model). Penggunaan metode TAM untuk memberikan pengetahuan dasar terhadap dampak suatu faktor eksternal terhadap niat penggunaan pelanggan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keseluruhan nilai r hitung setiap pertanyaan kuesioner lebih dari 0,279. Dengan semua nilai Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05; hal ini artinya seluruh pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner adalah valid dan berkolerasi. Dalam uji F Test, F nilai = 155.081 > 3.19 dan Signifikasi 0,001 < 0,05; yang artinya Ho ditolak dan Ha dapat diterima yang menunjukkan adanya pengaruh positif dari persepsi manfaat (perceive usefulnes) dan kemudahan (perceive easy of use) terhadap niat perilaku (behaviour intention).


Published
2021-10-27
How to Cite
KUSUMA, Imanuel Vincent et al. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI B2B BERBASIS WEB PADA INDUSTRI KAROSERI DENGAN PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL). Akselerator : Jurnal Sains Terapan dan Teknologi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 25-40, oct. 2021. ISSN 2721-7779. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/aksel/article/view/926>. Date accessed: 10 aug. 2022.