Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Frio Tantowie Tjahyadi agus.kusnawan@ubd.ac.id
  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma
  • Petrus T Resi Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh debt to equity ratio, profitability, ukuran perusahaan, dan kepemilikan managerial terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


 Populasi dari penelitian ini perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari periode 2012-2014. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Hipotesis ini di uji dengan menggunakan regresi logistik.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan managerial memiliki pengaruh yang signifikan pada ketepatan waktu dari pelaporan keuangan perusahaan. Namun debt to equity ratio (DER), profitability (ROA) dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan pelaporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Published
2016-07-25
How to Cite
TJAHYADI, Frio Tantowie; KUSNAWAN, Agus; RESI, Petrus T. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 13-23, july 2016. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/akunto/article/view/106>. Date accessed: 05 july 2022. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v8i1.106.