Pengaruh Ukuran Kap, Opinion Shopping Dan Opini Tahun Sebelumnya Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan Auditan Di Kota Tangerang)

Main Article Content

Selfiyan Selfiyan

Abstract

Perusahaan yang mendapatkan opini going concern dari auditor di sebabkan oleh kondisi dan peristiwa yang menimbulkan keraguan akan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Opini audit going concern merupakan peringatan awal (early warning) bagi para pengguna laporan keuangan guna menghindari kesalahan pengambilan keputusan.


            Penerimaan opini audit going concern dapat di pengaruhi oleh faktor ukuran kap, opinion shopping dan opini tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh ukuran kap, opinion shopping dan opini tahun sebelumnya terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan auditan di kota Tangerang.


            Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu pimpinan perusahaan atau kepala keuangan (kepala accounting/manajer keuangan) di kota Tangerang, yang memiliki pengalaman minimal 2 tahun. Jumlah kuesioner yang dianalisis adalah 50 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.


            Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran kap dan opinion shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan opini tahun sebelumnya tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern.

Article Details

How to Cite
Selfiyan, S. (2022). Pengaruh Ukuran Kap, Opinion Shopping Dan Opini Tahun Sebelumnya Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan Auditan Di Kota Tangerang). AKUNTOTEKNOLOGI, 14(1), 21–38. https://doi.org/10.31253/aktek.v14i1.1439
Section
Articles