Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan

Main Article Content

Trida Trida

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh CSR terhadap nilai Kinerja keuangan Perusahaan (2). Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan periode tahun 2016-2020 dengan menggunakan metode purposive sampling.Terdapat 41 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data meliputi (1) Statistik deskriptif (2) Uji Asumsi Klasik : Normalitas, Multikolinieritas, Autokorelasi (3) Pengujian Hipotesis menggunakan metode analisis MANOVA (Multivariat Analisis of Variant).


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hasil dari pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki pengaruh positif terhadap ROE (Return on Equity).


Hasil dari pengujian hipotesis ke dua menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki pengaruh positif terhadap ROA (Return on Asset).


Hasil dari pengujian hipotesis ke tiga menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap ROS (Return on Sales)

Article Details

How to Cite
Trida, T. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. AKUNTOTEKNOLOGI, 14(1), 61–71. https://doi.org/10.31253/aktek.v14i1.1442
Section
Articles