Pengaruh Transfer Pricing, Sales Growth, Dan Capital Intensity Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Authors

  • Azizah Eka Cahyati Universitas Pamulang
  • Sapta Setia Darma Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v14i1.1443

Keywords:

Transfer Pricing, Sales Growth, Capital Intensity, Penghindaran Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris tentang pengaruh transfer pricing, sales growth, dan capital intensity terhadap penghindaran pajak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di BEI selama periode 2016-2020 dengan jumlah perusahaan sebanyak 90 perusahaan. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Total perusahaan yang dijadikan sampel sebanyak 10 perusahaan. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan bantuan software E-Views versi 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan transfer pricing, sales growth, dan capital intenisty berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan hasil penelitian yang dilakukan secara parsial menyatakan bahwa: 1) transfer pricing berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance 2) sales growth tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance, 3) capital intensity tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-26

How to Cite

Cahyati, A. E., & Darma, S. S. (2022). Pengaruh Transfer Pricing, Sales Growth, Dan Capital Intensity Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). AKUNTOTEKNOLOGI, 14(1), 72–88. https://doi.org/10.31253/aktek.v14i1.1443