Komparasi Profitabilitas (Roa) Antara Perusahaan Subsektor Industri, Infrastruktur Dan Energi Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19 (Studi Empiris : Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei)

Main Article Content

Susanto Wibowo
Sutandi Sutandi
Andy Andy
Adrian Hidayat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan profitabilitas (ROA) antara perusahaan subsektor industri, infrastruktur dan energi yang terdaftar di BEI sebelum dan sesudah pandemi Covid 19.


Metode penelitian yang digunakan adalah populasi perusahaan yang terdaftar di BEI dengan data sampel 30 perusahaan dari tiga subsektor dengan jumlah total 193 persusahaan. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik dengan uji beda kruskal wallis dan uji beda signifikansi mann whitney U.


Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam uji beda kruskal wallis tidak terjadi perbedaan dari ketiga jenis perusahan tersebut, kemudian uji beda signifikan antara perusahaan industri dan infrastruktur tidak ada perbedaan signifikan, berikutnya perusahaan industri dengan energi tidak berpengaruh siginifikan selanjurnya antara perusahaan industri dan energi tidak berpengaruh signifikan.


Keterbatasan dalam penelitian ini adalah data sampel sedikit dan perlu dilakukan penelitian lanjutan lagi untuk seluruh perusahaan.

Article Details

How to Cite
Wibowo, S., Sutandi, S., Andy, A., & Hidayat, A. (2022). Komparasi Profitabilitas (Roa) Antara Perusahaan Subsektor Industri, Infrastruktur Dan Energi Sebelum Dan Sesudah Pandemi Covid-19 (Studi Empiris : Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei). AKUNTOTEKNOLOGI, 14(2), 30–37. https://doi.org/10.31253/aktek.v14i2.1784
Section
Articles