Pengaruh Profitabilitas , Leverage, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v15i1.2107Keywords:
Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Kebijakan DividenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pada perusahaan manfaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2017 - 2021.
Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan selama periode 5 tahun pengamatan sehingga total sampel sebanyak 50. Pengujian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas yang di proksikan dengan Net Profit Margin memiliki koefisien regresi 13.931 dengan tingkat signifikasi sebesar 0.014 lebih kecil dari 0.05 dan nilai t(hitung) 2.564 lebih besar dari t(tabel) 2.013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel leverage yang di proksikan dengan Debt Equity Ratio memiliki koefisien regresi -1.057 dengan tingkat signifikasi sebesar 0.081 lebih besar dari 0.05 dan nilai t(hitung) -1.783 lebih kecil dari t(tabel) 2.013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kebijakan dividen yang di proksikan dengan Dividen Payout Ratio memiliki koefisien regresi 1.033 dengan tingkat signifikasi sebesar 0.256 lebih besar dari 0.05 dan nilai t(hitung) 1.150 lebih kecil dari t(tabel) 2.013.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara profitabilitas dengan nilai perusahaan sedangkan leverage beserta kebijakan deviden tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.