Analisis Pengaruh Pendapatan Usaha, Beban Operasional Dan Perputaran Persediaan Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI 2019-2021)

Authors

  • Ida Adhani STIE Bhakti Pembangunan
  • Muhammad Albion Rizky STIE Bhakti Pembangunan
  • Metta Susanti Universitas Buddhi Dharma
  • Aldi Samara Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Laba Bersih, Pendapatan Usaha, Beban Operasional, Perputaran Persediaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Usaha, Beban Opersaional dan Perputaran Persediaan terhadap Laba Bersih. Penelitian ini menggunakan obyek penelitian pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 – 2021, dengan jumlah populasi awal sebanyak 24 perusahaan. Dengan sampel sebanyak 60 pengamatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regeresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis menggunakan uji t, uji F dan uji koefisein determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pendapatan Usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih, sedangkan variabel Beban Opersional berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih dan Perputaran Persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih. Dan secara simultan variabel Pendapapatan Usaha, Beban Opersional dan Perputaran Persediaan berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih. Secara simultan variable pendapatan usaha, beban operasional dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap laba bersih.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-08

How to Cite

Adhani, I., Albion Rizky, M., Susanti, M., & Samara, A. (2023). Analisis Pengaruh Pendapatan Usaha, Beban Operasional Dan Perputaran Persediaan Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI 2019-2021). AKUNTOTEKNOLOGI, 15(2), 86–99. Retrieved from https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/akunto/article/view/2325