Pengaruh Tekanan Anggaran Waktu, Independensi Dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment (Studi Empiris Pada Beberapa Auditor Kantor Akuntan Publik di Tangerang)

Authors

  • Ghisela Ghisela Universitas Buddhi Dharma
  • Peng Wi Peng Wi Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v9i1.238

Keywords:

tekanan anggaran waktu, independensi, pengalaman auditor, audit judgment

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh tekanan anggaran waktu terhadap audit judgment, pengaruh independensi terhadap audit judgment, pengaruh pengalaman auditor terhadap audit judgment serta pengaruh tekanan anggaran waktu, independensi dan pengalaman auditor secara simultan terhadap audit judgment pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Tangerang.

Populasi penelitian ini adalah auditor pada Kantor Akuntan Publik di Tangerang. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heterokedastisitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.   

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan anggaran waktu berpengaruh negatif dan signifikan terhadap audit judgment, independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit judgment, pengalaman auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap audit judgmen, dan secara bersama-sama keseluruhan variabel (tekanan anggaran waktu, independensi, dan pengalaman auditor) berpengaruh secara signifikan terhadap audit judgment.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-19

How to Cite

Ghisela, G., & Peng Wi, P. W. (2017). Pengaruh Tekanan Anggaran Waktu, Independensi Dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment (Studi Empiris Pada Beberapa Auditor Kantor Akuntan Publik di Tangerang). AKUNTOTEKNOLOGI, 9(1), 45–57. https://doi.org/10.31253/aktek.v9i1.238