Analisa Pengaruh Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang mengikuti PROPER yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016)

  • Jessica Virginia Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan utama setiap perusahaan adalah mencari keuntungan atau laba, namun saat ini tujuan utama tersebut bukanlah misi utama bagi perusahaan masa kini, karena demi mencapai bisnis yang berkelanjutan, perusahaan dituntut tidak hanya mementingkan aspek profit saja. Corporate Social Responsibility merupakan salah satu kewajiban bagi setiap perusahaan di Indonesia, namun pada kenyataannya pelaksanakan Corporate Social Responsibility masih belum dilaksanakan sepenuhnya oleh seluruh perusahaan di Indonesia.


Pencapaian laba perusahaan setiap tahunnya tidak menjamin perusahaan dapat bertahan dimasa mendatang dan tingkat keberhasilan pelaksanaan Corporate Social Responsibility masih belum dapat sepenuhnya diungkapkan, sehingga pada penelitian ini secara empiris bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan yang telah mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2013-2016.


Sampel yang digunakan sebanyak 11 perusahaan dengan periode pengamatan 4 tahun berturut-turut. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan melakukan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan analisa statistik deskriptif dan uji asumsi klasik, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji signifikansi parsial, dan uji signifikansi simultan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan

Published
2017-07-19
How to Cite
VIRGINIA, Jessica; WIBOWO, Susanto. Analisa Pengaruh Profitabilitas Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang mengikuti PROPER yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2016). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 68-82, july 2017. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/akunto/article/view/240>. Date accessed: 27 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v9i1.240.