Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Kasus Pada Struktural Manajemen Perusahaan Dagang Di Kota Tangerang)

  • Metta Lestari Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil atau deskripsi kejelasan sasaran anggaran dan partisipasi penyusunan anggaran serta kinerja manajerial, untuk menganalisis pengaruh kejelasan sasaran anggaran dan partisipasi penyusunan anggaran secara parsial terhadap kinerja manajerial, dan untuk menganalisis pengaruh kejelasan sasaran anggaran dan partisipasi penyusunan anggaran secara bersama-sama terhadap kinerja manajerial pada struktural manajemen perusahaan dagang di kota tangerang tahun 2018. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah Direktur, Asisten Direktur, Manajer, Asisten Manajer, Kepala bagian dan SupervisorĀ  pada struktural manajemen perusahaan dagang di kota tangerang, sebanyak 110 responden, alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan alat bantu program SPSS versi 23, yang melalui proses uji deskripsi data, uji asumsi klasik, ujiĀ  hipotesis (uji t dan uji f) dan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kejelasan sasaran anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial (0,046 < 0.05), Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial (0,000 < 0.05), Kejelasan sasaran anggaran dan Partisipasi penyusunan anggaran bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial (0,000 < 0.05).

Published
2018-07-17
How to Cite
LESTARI, Metta; WIBOWO, Susanto. Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Kasus Pada Struktural Manajemen Perusahaan Dagang Di Kota Tangerang). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 1-12, july 2018. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/akunto/article/view/248>. Date accessed: 27 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v10i1.248.