Pengaruh Komisaris Independen, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

Authors

  • Christianto Susandy Universitas Buddhi Dharma
  • Rr Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v10i1.251

Keywords:

Tax Avoidance, Komisaris Independen, Leverage, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komisaris independen, leverage, dan profitabilitas terhadap tax avoidance. Variabel independen yang digunakan adalah komisaris independen, leverage, dan profitabilitas. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah tax avoidance yang diukur menggunakan Cash Effective Tax Rate (CETR).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan setelah pengurangan dengan beberapa kriteria memperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21.

Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel komisaris independen tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, leverage tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, profitabilitas berpengaruh terhadap tax avoidance, dan komisaris independen, leverage, dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-07-17

How to Cite

Susandy, C., & Anggraeni, R. D. (2018). Pengaruh Komisaris Independen, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). AKUNTOTEKNOLOGI, 10(1), 43–58. https://doi.org/10.31253/aktek.v10i1.251