Pengaruh Sales Growth, Kepemilikan Saham Publik, Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Csr Pada Perusahaan Perkebunan Sub Sektor Kelapa Sawit Yang Terdaftar Di BEI

Authors

  • Nur Wahyu Satriawibowo Uni
  • Tries Ellia Sandari University of 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v16i1.2712

Keywords:

Sales Growth, Profitabilitas, Kepemilikan Saham Publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sales growth, profitabilitas, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan perkebunan kelapa sawit di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif kausal yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Data diperoleh dari data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan keberlanjutan yang diperoleh dari situs web perusahaan dan situs web IDX. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan kriteria tertentu yang menghasilkan 10 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode analisis data menggunakan SPSS versi 27 dengan melakukan uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi lalu diuji dengan uji regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, dan kepemilikan saham publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibilityPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sales growth, profitabilitas, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan perkebunan kelapa sawit di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif kausal yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Data diperoleh dari data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan keberlanjutan yang diperoleh dari situs web perusahaan dan situs web IDX. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan kriteria tertentu yang menghasilkan 10 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode analisis data menggunakan SPSS versi 27 dengan melakukan uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi lalu diuji dengan uji regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, dan kepemilikan saham publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-26

How to Cite

Satriawibowo, N. W., & Sandari, T. E. (2024). Pengaruh Sales Growth, Kepemilikan Saham Publik, Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Csr Pada Perusahaan Perkebunan Sub Sektor Kelapa Sawit Yang Terdaftar Di BEI. AKUNTOTEKNOLOGI, 16(1), 34–44. https://doi.org/10.31253/aktek.v16i1.2712