Pengaruh Profitabilitas, Sales Growth Dan Leverage Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

  • Mita Margaretha Universitas Buddhi Dharma
  • jenni jenni Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh profitabilitas, sales growth dan leverage terhadap tax avoidance pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017, baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini profitabilitas diukur menggunakan return on asset (ROA), sales growth diukur menggunakan selisih antara penjualan tahun (t) dengan tahun sebelumnya (t-1) dibagi dengan penjualan tahun sebelumnya (t-1), leverage diukur menggunakan debt to asset ratio (DAR), dan tax avoidance diukur menggunakan cash effective tax rate (CETR).


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan mengamati laporan keuangan tahunan perusahaan sampel, dengan total sampel sebanyak 35 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linear berganda, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, , uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS (Statistikal Product and Service Solutions) versi 25.


Pengujian secara simultan menyimpulkan bahwa semua variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Pengujian secara parsial memperlihatkan hasil bahwa ada dua dari tiga faktor yang berpengaruh terhadap tax avoidance, yaitu profitabilitas dan leverage.

Published
2019-12-02
How to Cite
MARGARETHA, Mita; JENNI, jenni. Pengaruh Profitabilitas, Sales Growth Dan Leverage Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 17-30, dec. 2019. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/akunto/article/view/276>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v11i2.276.