Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

  • Devika Mentari Universitas Buddhi Dharma
  • Peng Wi Peng Wi Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance. Variabel independen yang digunakan adalah likuiditas, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah tax avoidance yang diukur menggunakan ukuran cash effective tax rate (CETR).


Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-2017. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear berganda dan memperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan makanan dan minuman berdasarkan kriteria tertentu.


Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa: (1) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (2) Leverage tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (3) Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance, (4) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, (5) Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Tax Avoidance yang diukur dengan Cash Effective Tax Rate (CETR).

Published
2019-12-02
How to Cite
MENTARI, Devika; PENG WI, Peng Wi. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 31-42, dec. 2019. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/akunto/article/view/277>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v11i2.277.