Penerapan Anggaran Biaya Operasional Dalam Rangka Menilai Kinerja Manajemen Pada PT.Inbisco Niagatama Semesta

  • Amelia Haryati Universitas Buddhi Dharma
  • Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Penerapan Anggaran Biaya Operasional Dalam Rangka Menilai Kinerja Manajemen Pada PT. Inbisco Niagatama Semesta.


Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu : (1) untuk mengetahui bagaimana cara penerapan anggaran biaya operasional pada PT. Inbisco Niagatama Semesta, (2) untu mengetahui fungsi anggaran biaya operasional bagi perusahaan dalam menilai kinerja manajemen perusahaan, (3) menambah wawasan dan pengetahuan dalam menanggapi masalah yang mungkin terjadi dalam penerapan anggaran biaya operasional jika terdapat yang tidak sesuai dengan yang direncanakan.


Dalam menyusun dan memecahkan masalah, penulis menggunakan metode analisis deksriptif kualitatif yaitu menjelaskan dan menghitung anggaran biaya operasional pada tahun 2016 sampai dengan 2018.


Hasil penelitian menunjukan bahwa : (a) Penerapan anggaran biaya operasional pada PT. Inbisco Niagatama Semesta dimulai dengan penyusunan anggaran biaya penjualan, biaya administrasi dan umum dengan berpedoman pada data dan informasi atau realisasi anggaran pada tahun atau periode pada data sebelumnya sehingga dapat membuat anggaran biaya untuk tahun selanjutnya. (b) Penerapan anggaran biaya operasional terutama pada bagian anggaran penjualan merupakan alat sebagi pemacu semangat  para marketing untuk mencapai target yang diinginkan. (c)  Pengendalian biaya operasional pada PT. Inbisco Niagatama Semesta dilakukan untuk mengevaluasi penyimpangan-penyimpangan yang terjadi antara apa yang telah ditetapkan dalam anggaran maupun dengan realisasinya.

Published
2019-12-02
How to Cite
HARYATI, Amelia; ANGGRAENI, Dian. Penerapan Anggaran Biaya Operasional Dalam Rangka Menilai Kinerja Manajemen Pada PT.Inbisco Niagatama Semesta. AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 67-74, dec. 2019. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/akunto/article/view/280>. Date accessed: 25 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v11i2.280.