Analisa Komparasi Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Sektor Perdagangan Eceran dan Industri Barang Konsumsi LQ45 (2015-2017)

  • Lo Januardi Universitas Buddhi Dharma
  • Pricillia Dwiwahyuni Universitas Buddhi Dharma
  • Sugiarta Halim Universitas Buddhi Dharma
  • Syarifarudin Afa Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Profit dalam kegiatan operasional perusahaan merupakan elemen penting untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan pada masa yang akan datang. Keberhasilan perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing dipasar. Setiap perusahaan mengharapkan profit yang maksimal. Laba merupakan alat ukur utama kesuksesan suatu perusahaan. Profitabilitas adalah hasil akhir dari sejumlah kebijakan dan keputusan yang oleh perusahaan. Nilai perusahaan sendiri memaksimalkan keuntungan atau kekayaan, terutama bagi para pemegang sahamnya, terwujud berupa upaya peningkatan atau memaksimalkan nilai pasar atas harga saham perusahaan yang bersangkutan.


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk  mengetahui perbedaan pada profitabilitas dan nilai perusahaan pada tahun 2015-2017. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan data dengan menggunakan data sekunder. Dan Metode analisis data ya     ng digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua sub sektor mengalami kenaikan serta penurunan berbanding terbalik sehingga adanya ketidakseimbangan antara profitabilitas dengan nilai perusahaan dan tidak sesuai dengan teori yang ada yang terjadi pada tahun tersebut adanya inflasi sehingga ketidakseimbangan dalam profitabilitas dan nilai perusahaan.

Published
2019-12-02
How to Cite
JANUARDI, Lo et al. Analisa Komparasi Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Sektor Perdagangan Eceran dan Industri Barang Konsumsi LQ45 (2015-2017). AKUNTOTEKNOLOGI, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 85-94, dec. 2019. ISSN 2541-3503. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/akunto/article/view/690>. Date accessed: 09 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.31253/aktek.v11i2.690.