Pengaruh Economic Value Added (EVA) Dan Return On Investment (ROI) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018)

Authors

  • Puti Lenggo Ginny Universitas Buddhi Dharma
  • Rio Jovinsen Jasumin Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v11i2.777

Keywords:

Economic Value Added (EVA), Return On Investment (ROI), Price Book Value (PBV)

Abstract

Dalam penelitian ini Peneliti ingin menghubungkan kedua alat bantu pengukuran guna menentukan apakah saham yang dipilih benar-benar merupakan saham yang layak untuk diinvestasikan atau tidak, peneliti menggunakan perhitungan Economic Value Added (EVA) dan Return On Investment (ROI) sebagai tolak ukur kinerja suatu perusahaan. Kedua pengukuran ini akan dihubungkan dengan nilai perusahaan yang akan dilihat dari harga saham yang akan diukur dengan menggunakan rasio Price Book Value (PBV). Data yang digunakan ialah laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan industri sub sektor Otomotif & Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2016-2018 yang diambil langsung dari Bursa Efek. Hasil diolah menggunakan perhitungan secara manual oleh peneliti dengan mengolah data laporan financial perusahaan, peneliti ingin membuktikan bahwa Economic Value Added (EVA) dan Return On Investment (ROI) memiliki hubungan searah atau positif dengan nilai perusahaan.

Published

2019-12-02

How to Cite

Ginny, P. L., & Jasumin, R. J. (2019). Pengaruh Economic Value Added (EVA) Dan Return On Investment (ROI) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018). AKUNTOTEKNOLOGI, 11(2), 95–106. https://doi.org/10.31253/aktek.v11i2.777