Aplikasi Kuis Dharma Online Pada Yayasan Cakrawala Dharma Indonesia Menggunakan Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android

  • Jerfi Nardi Universitas Buddhi Dharma
  • Andre Andre Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan dalam kehidupan sekarang ini. Salah satu bentuk dari teknologi yang sering kita gunakan adalah smartphone (ponsel cerdas). Tak lepas dari hal tersebut Yayasan Cakrawala Dharma Indonesia juga beradaptasi dengan perkembangan jaman yang ada. Yayasan Cakrawala Dharma Indonesia menerapkan pengerjaan kuis dharma yang biasa dilakukan manual yang dikerjakan di kertas biasa diganti menggunakan smartphone nantinya saat pengerjaan kuis dharma. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah aplikasi yang nantinya bisa digunakan oleh Yayasan Cakrawala Dharma Indonesia dalam pengerjaan kuis dharma secara online dengan memanfaatkan teknologi smartphone. Penulis menggunakan Linear Congruent Method (LCM) yang digunakan untuk memanggil bilangan secara acak, maka penulis menggunakan Linear Congruent Method (LCM) untuk diterapkan pada pemanggilan soal sehingga soal yang mucul pada kuis dharma online secara acak dan berbeda dari tiap peserta. Umat – umat pada Yayasan Cakrawala Dharma Indonesia mengiginkan aplikasi yang bisa menampilkan setelah mengerjakan soal secara keseluruhan. Dan aplikasi yang dibuat nantinya memiliki waktu pengerjaan dan lembar pembelajaran sehingga membantu umat – umat Yayasan Cakrawala Dharma Indonesia dalam belajar kuis dharma. Hal ini juga membantu pengawas kuis dharma untuk menghitung nilai peserta sehingga terhindar dari kesalahan dalam penilaian.

Published
2019-10-21
How to Cite
NARDI, Jerfi; ANDRE, Andre. Aplikasi Kuis Dharma Online Pada Yayasan Cakrawala Dharma Indonesia Menggunakan Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android. ALGOR, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 49-55, oct. 2019. ISSN 2715-0577. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/article/view/225>. Date accessed: 02 apr. 2020.