Prediksi Kemampuan Lulusan SMK untuk Dapat Bersaing Di Dunia Kerja dengan Menggunakan Naïve Bayes: Studi Kasus SMK Buddhi Tangerang

  • Lianny Wydiastuty Kusuma Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Siswa sekolah menengah kejuruan dituntut agar bisa siap terjun langsung setelah mereka lulus. Selama masa studi mereka diberi pembekalan khusus berupa belajar bekerja pada masa praktek kerja industri, kunjungan dunia usaha/dunia industri, dan pelajaran produktif sesuai jurusan yang mereka ambil. Mampu atau tidaknya siswa yang lulus mendapat pekerjaan dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam mengikuti syarat perekrutan di sebuah perusahaan. Di antaranya yaitu nilai rata-rata rapor, nilai rata-rata Ujian Nasional, nilai Ujian Kompetensi Kejuruan, prakerin, disiplin, tanggung jawab, skill, sikap dan komunikasi dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini akan menggunakan algoritma Naïve Bayes dalam mengetahui pola dari variabel-variabel tersebut. Pengujian dilakukan dengan Confusion Matrix dan kurva ROC. Hasil akurasi yang diperoleh membuktikan bahwa Naïve Bayes menghasilkan persentase akurasi 98% dan nilai AUC sebesar 0.980. Dengan demikian algoritma ini dapat memprediksi berapa banyak lulusan siswa SMK Buddhi Tangerang yang layak bekerja dengan baik.

Published
2019-10-21
How to Cite
KUSUMA, Lianny Wydiastuty. Prediksi Kemampuan Lulusan SMK untuk Dapat Bersaing Di Dunia Kerja dengan Menggunakan Naïve Bayes: Studi Kasus SMK Buddhi Tangerang. ALGOR, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 56-63, oct. 2019. ISSN 2715-0577. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/article/view/226>. Date accessed: 02 apr. 2020.