Perancangan Aplikasi Web Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Mining Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen PT Cipta Tunggal Elektronik

Authors

  • Freddie Freddie Universitas Buddhi Dharma
  • Yusuf Kurnia Universitas Buddhi Dharma
  • Rudy Arijanto Universitas Buddhi Dharma
  • Yakub - Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/algor.v3i1.640

Keywords:

data mining, apriori, asosiasi, association rule, CRISP-DM, web, aplikasi

Abstract

PT. Cipta Tunggal Elektronik merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distribusi sound system yang membutuhkan strategi promosi dalam penjualannya. Analisa pola pembelian konsumen dapat membantu perusahaan dalam membentuk paket penjualan agar promosi yang dilakukan tepat sasaran. Proses menganalisa pola pembelian konsumen yang dilakukan secara manual tentu akan membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian serta perancangan sebuah aplikasi yang dapat mengetahui pola pembelian konsumen dengan metode asosiasi, serta menggunakan apriori sebagai algoritmanya. Oleh karena itu, maka diperlukan sebuah rancangan aplikasi berbasis web dengan algoritma apriori. Hasil dari penelitian ini adalah dibuatnya sebuah aplikasi berbasis web yang dapat melakukan analisa pola pembelian dari data transaksi yang dimasukkan, dengan cara menentukan rentang tanggal pada data yang ingin dianalisa, serta memasukkan nilai minimum support dan minimum confidence yang diinginkan.

Published

2021-09-27

Most read articles by the same author(s)