Pengaruh Promosi, Ulasan Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Lucky Beauty Store

Authors

  • Anggi Supriyanto Universitas Buddhi Dharma
  • Gregorius Widiyanto Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

kualitas pesan, penilaian pembeli, daya tanggap, pengambilan keputusan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, ulasan produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian online melalui marketplace pada konsumen Lucky Beauty Store. data diperoleh melalui kuesioner dengan rumus Lemeshow. Metode analis menggunakan uji asumsi klasik, uji T, uji koefisien korelasi, uji regresi linier berganda, uji F dan koefisien determinasi.

Hasil analisis penelitian, analisis koefisien korelasi didapatkan nilai promosi sebesar 0,594, ulasan produk sebesar 0,722, kualitas pelayanan sebesar 0,784 sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi, ulasan produk dan kualitas pelayanan berpengaruh kuat dan positif terhadap keputusan pembelian secara online melalui pasar di Lucky Beauty Store. Analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= 6.181 + 0.154 (X1) + 0.206(X2) + 0.506 (X3) yang berarti bahwa setiap kenaikan satu tingkat, variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh promosi sebesar 0,154, ulasab produk sebesar 0,206, kualitas layanan sebesar 0,506.

Uji F model 1 diperoleh F hitung kualitas pelayanan 156.221, model 2 F hitung ulasanĀ  produk sebesar 91.479 dan model 3 promosi sebesar 64.831 dengan nilai F tabel sebesar 2,70. Nilai F hitung X1, X2 dan X3 lebih besar dari nilai F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji-t diperoleh nilai T-hitung promosi sebesar 2,156, ulasan produk sebesar 2,161 dan kualitas pelayanan sebesar 5,895 dengan Tabel 1.660 dan taraf signifikan < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Published

2022-06-17

Issue

Section

Articles