Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Online Shop Shopee (Study Kasus Karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri Pada Penggunaan Aplikasi Shopee)

Authors

  • Daniel Thiodorus Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kuantitatif, Pelanggan, Internet, Pemasaran, Toko Online

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu berpengaruhkah kualitas pelayanan, variasi produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada aplikasi online shop Shopee (study kasus karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri pada pengguna aplikasi Shopee). Metode yang dipergunakan oleh penulis adalah metode kuantitatif yaitu dengan memberikan kuesioner terhadap 104 responden pada PT. Sinwa Perdana Mandiri.

Dari hasil data yang diolah oleh penulis dengan IBM SPSS 24.0 didapatkan persamaan linear berganda Y = -1,662 + 0,397 X1  + 0,257 X2 + 0,382 X3, yang dimana setiap terjadi suatu peningkatan atau penurunan kualitas pelayanan sebesar 1 poin, yang artinya kepuasan konsumen karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri akan terjadi penambahan atau pengurangan  sejumlah 0,397, dan setiap terjadi suatu penambahan atau pengurangan variasi produk sebanyak 1 poin, yang artinya kepuasan konsumen karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri akan mengalami suatu penambahan atau pengurangan sejumlah 0,257, lalu dari penambahan atau pengurangan harga sebanyak 1 poin, yang artinya kepuasan konsumen karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri terjadi suatu peningkatan atau penurunan sejumlah 0,382.

Lewat penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukan hasil  yang positif atau kuat diantara setiap kaitan  antar variabel Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Dengan kata lain kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, dan Harga dapat mempengaruhi Kepuasan Konsumen karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri pengguna aplikasi Shopee.

Published

2022-06-17

Issue

Section

Articles