Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Disiplin Kerja di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Karyawan PT. Orins Multidaya Indonesia

Authors

  • Yongki Mahendra Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pengaruh Budaya, Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penyusunan kajian ini dilaksanakan bertujuan guna memahami berapa jauh pengaruh budaya organisasi, lingkungan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Orins Multidaya Indonesia. Kajian dilakukan melalui penebaran kuesioner kepada seluruh pegawai.

Dari hasil analisis linear berganda, didapatkan hasil persamaan Y = 6596 + 0,194 X1 + 0,287 X2 + 0,345 X3 serta hasil koefisien budaya organisasi mempunyai korelasi yang positif dengan tingkat hubungan kuat terhadap kinerja karyawan yaitu 0,674. korelasi lingkungan kerja mempunyai korelasi yang positif dengan tingkat hubungan  kuat terhadap kinerja karyawan yaitu 0.629. korelasi disiplin kerja mempunyai korelasi yang positif dengan tingkat hubungan  kuat terhadap kinerja karyawan yaitu 0.752.

Dari hasil korelasi antar variabel, didapatkan hasil hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat yaitu budaya organisasi, lingkungan kerja, dan disiplin kerja mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 81,3% dan sisanya 16,9% terpengaruh oleh faktor lainnya.

Mengacu pada hasil uji hipotesis didapatkan thitung untuk budaya organisasi sebesar 2,922 dan thitung untuk disiplin kerja sebesar 2,264, dengan t tabel sebesar 1,684 yang diperoleh dari ttabel distribusi untuk df = 41-2 dan level of significant 0,05. Dalam arti lain Ha ditolak dan Ho diterima karena thitung ≥ ttabel.

Berdasarkan uji hipotesis untuk budaya organisasi, lingkungan kerja, dan disiplin kerja  diperoleh nilai fhitung sebesar 60,803 dengan ftabel 3,28 dengan tingkat signifikansi 0,000, angka 0,000 ≤ 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, dikarenakan fhitung ≥ ftabel. Berdasarkan hasil kajian ini bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Orins Multidaya Indonesia.

Published

2022-06-17

Issue

Section

Articles