Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Sparepart Motor Suzuki pada Online Shop Tokopedia

Authors

  • Patria Khusuma Susilo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana faktor harga, kualitas layanan, dan promosi toko online Tokopedia menjadi keputusan pelanggan untuk membeli suku cadang sepeda motor Suzuki. Seratus orang dijadikan sebagai ukuran sampel untuk penelitian ini. Distribusi kuesioner digunakan untuk pengumpulan data, dan SPSS 25 digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif, yang secara metodis, faktual, dan tepat menggambarkan masalah yang diselidiki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 83,1% untuk variabel harga dengan keputusan pembelian, dan 16,9% sisanya oleh faktor lain. Pengaruh sebesar 87,6% untuk variabel kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian, dan 12,4% sisanya oleh faktor lain. Dan pengaruh sebesar 88,6% untuk variabel promosi dengan keputusan pembelian, 11,4% sisanya dipengaruhi faktor lain. Hasil uji hipotesis variabel harga menghasilkan t hitung sebesar 10,527, kualitas pelayanan sebesar 5,247 dan promosi sebesar 2,993 dimana nilai t tabel = 1,66088 didapatkan dari tabel distribusi t pada df = 100 - 4 dengan signifikansi 0,0. Ha disetujui karena t hitung lebih besar dari t tabel. Dan untuk F hitung diperoleh hasil senilai 249,643 yang lebih besar dari F tabel = 2,699 pada tingkat signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima. Harga, kualitas pelayanan dan promosi semuanya memiliki peran memberikan pengaruh pada variabel keputusan pembelian, seperti ditunjukkan oleh penelitian diatas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16