Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada PT Prapat Tunggal Cipta)

Authors

  • Roeisse Suhendra Universitas Buddhi Dharma
  • Pujiarti Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel harga, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara parsial dan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Prapat Tunggal Cipta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner, sampel secara acak kepada 100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu uji data penelitian (uji validitas, uji reliabilitas), uji model statistic (uji korelasi berganda, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji asumsi klasik), dan uji hipotesis (uji t, uji F) dengan menggunakan pengolahan data SPSS 25.. Hasil pengujian hipotesis dari variabel harga (X1) memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 4,142 > 1,98472 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, variabel kualitas produk (X2) memberikan pengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 6,977 > 1,98472 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, variabel kepuasan pelanggan (X3) memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel 9,710 > 1,98472 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil pengujian secara simultan variabel harga (X1), kualitas produk (X2), dan kepuasan pelanggan (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai Fhitung > Ftabel 127,463 > 2,7 dengan tingkat signifikansi probabilitas selbesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29