Pengaruh Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, dan Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Pancanata Jaya Lestari

Authors

  • Dede Handri Setiawan Universitas Buddhi Dharma
  • Nana Sutisna Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Beban Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan

Abstract

Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya organisasi, disiplin kerja, dan beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Pancanata Jaya Lestari. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu metode pendekatan kuantitatif dan bersifat deskriptif, sampel penelitian sebanyak 107 responden, pengumpulan data melalui google form, dan analisis data menggunakan SPSS versi 25. Teknik Analisis data yang digunakan, yaitu uji validitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji F. Hasil dari analasis data yang telah dilakukan, didapat hasil regresi linear berganda Y =19,802 + 0,340 + 0,249 + (– 0,067), hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,656 yang artinya bahwa hubungan kedua variabel berada pada kategori kuat, hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 43,0% yang menunjukkan besarnya pengaruh dari variabel budaya organisasi, disiplin kerja, dan beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung untuk variabel budaya organisasi sebesar nilai t hitung 4,152, untuk variabel disiplin kerja sebesar nilai t hitung 2,902, dan untuk variabel beban kerja sebesar nilai t hitung -2,573.

Pada uji F, didapat nilai f hitung (25,871) > f tabel (2,69) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan model regresi budaya organisasi, disiplin kerja, dan beban kerja dalam penelitian ini layak digunakan untuk memprediksi kepuasan kerja karyawan pada PT Pancanata Jaya Lestari.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29