https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/issue/feedEMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis2025-02-18T01:28:27+00:00Andyandy.andy@ubd.ac.idOpen Journal Systems<p><strong><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20211104521257941">EISSN. 2827-7740<br><br></a></strong>EMaBi berisi hasil karya mahasiswa dan dosen Universitas Buddha Dharma khususnya di Fakultas Bisnis yang meliputi bidang :<br>- Ekonomi Bisnis<br>- Berbagai Ekonomi<br>- Kewirausahaan<br>- Sumber daya manusia<br>- Pemasaran<br>- Sistem Pengambilan Keputusan<br>- Manajemen keuangan<br>- Operasional<br>- Administrasi</p>https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3328Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Kasus Pada PT. Nobelindo Jaya)2024-10-03T12:25:36+00:00Khanti Vadi Viriyakhanti574@gmail.comAstrid Amalia Noerainiastrid.amalia@ubd.ac.id<p>asd</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3413asds2024-11-01T07:20:40+00:00Verna Trisnawati Juwitavernatrisna0@gmail.com<p>adsasd</p>2024-10-27T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3300Pengaruh Account Receivable Turnover (ARTO), Debt To Equity Ratio (DTE), Gross Profit Margin (GPM) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Pada Tahun 2019 - 20222024-10-02T11:23:55+00:00Sherina Junika Aneddiasherina.syee@gmail.com<p>abd</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3395Strategi Periklanan Terbaru Food & Beverage (F&B) Di Dunia Digital Di Asia Tenggara Dan Indonesia Juga Manfaatnya Bagi Kedua Belah Pihak2024-10-16T11:01:56+00:00Adrian Hidayatadrian.hidayat@ubd.ac.id<p>adsad</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3297Pengaruh Penjualan Langsung, Iklan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Hampers Tangerang2024-10-02T11:10:02+00:00Jesselyn Agustina Herdyantojesselynh2@gmail.comAlexanderalexander.alexander@ubd.ac.id<p>abc</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3383asad2024-10-15T03:50:28+00:00Aldialdijulio1998@gmail.comSyarifarudin Afasyarifarudin.afa@ubd.ac.id<p>dad</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3294Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kasur Merek HOMMY Situs Tokopedia2024-10-02T10:55:13+00:00Sanricky Wijayasanrickyw@gmail.comSutrisnasutrisna.sutrisna@ubd.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat pengaruh dari variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi pada keputusan pembelian. Penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh tersebut positif dan memiliki signifikansi yang kuat. Dalam rangka penelitian, metode survei dilaksanakan melalui pengisian kuesioner dalam konteks penelitian deskriptif. Populasi dalam studi ini adalah pengguna Tokopedia, dengan 140 responden yang terpilih melalui teknik Quota Sampling berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh penulis. Pendekatan analisis kuantitatif korelasi digunakan untuk mengkaji hubungan atau pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kasur merek HOMMY di Tokopedia. Hal ini terlihat dari hasil uji T untuk masing-masing variabel, dimana kualitas produk menunjukkan <em>T<sub>hitung</sub></em> > <em>T<sub>tabel</sub></em> (3,792 > 1,655) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, kualitas pelayanan mendemonstrasikan <em>T<sub>hitung</sub></em> > <em>T<sub>tabel</sub></em> (3,314 > 1,655) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, dan promosi menunjukkan <em>T<sub>hitung</sub></em> > <em>T<sub>tabel</sub></em> (2,192 > 1,655) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3356asdf2024-10-08T03:23:40+00:00Selvy Gunawang.selvy8@gmail.comEso Hernawaneso.hernawan@ubd.ac.id<p>asdf</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3291Pengaruh Pelatihan, Keterampilan Dan Metode Kerja Terhadap Hasil Produksi (Studi Kasus Pada PT. Syn Toba Grafika)2024-10-02T10:21:17+00:00Tri Aryantitryaryanti21@gmail.comPujiartipujiarti.pujiarti@ubd.ac.id<p>Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh potensial dari Pelatihan, Keterampilan, dan Metode Kerja terhadap Hasil Produksi. Sebanyak seratus lima belas orang dari staf produksi PT Syn Toba Grafika berpartisipasi dalam penelitian ini. Data untuk penelitian ini berasal dari kuesioner yang diberikan kepada 115 orang, yang dipilih secara acak dari seluruh populasi. Analisis statistik, termasuk uji validitas dan reliabilitas serta regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi (R2), digunakan untuk menilai hipotesis. Y = 10,385 + 0,154X1 + 0,379X2 + 0,202X3 adalah model regresi linier berganda yang diperoleh dari analisis. Dengan demikian, perubahan 1 poin dalam Pelatihan (X1), dengan semua variabel lain tetap konstan, akan menghasilkan perubahan 0,154 dalam Hasil Produksi (Y). Akan terjadi perubahan Hasil Produksi sebesar 0,379 poin untuk perubahan Keterampilan (X2) sebesar satu poin dan perubahan sebesar 0,202 poin untuk perubahan Metode Kerja (X3) sebesar satu poin. Terdapat hubungan yang baik dan cukup substansial antara Pelatihan (0,485), Keterampilan (0,583), dan Metode Kerja (0,526) dengan Hasil Produksi di PT Syn Toba Grafika, berdasarkan koefisien korelasi. Nilai F test sebesar 25,745 yang lebih besar dari nilai F table sebesar 2,69 menyebabkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan menggunakan ambang batas signifikansi 5% dan 112, nilai t table pada t test adalah 0,1840. Nilai t yang dihitung untuk Pelatihan (X1), Keterampilan (X2), dan Metode Kerja (X3) masing-masing adalah 1,812>0,1840, 4,060>0,1840, dan 2,105>0,1840. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan secara statistik antara ketiga variabel tersebut dengan Hasil Produksi, karena Ho ditolak dan Ha diterima.</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3353asd2024-10-08T03:10:16+00:00Vicky Vannesvanesimanuel02@gmail.comAndyandy.andy@ubd.ac.id<p>asadada</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3337Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pancamitra Packindo2024-10-07T03:48:01+00:00Yemima Cicilia Margarethayemimamargaretha15@gmail.comFx. Pudjo Wibowopudjo.wibowo@ubd.ac.id<p>asdf</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3444Menguatkan Kebudiluhuran dan Pekerti Luhur dalam Kehidupan Masyarakat Modern: Tantangan dan Peluang2024-11-28T06:00:50+00:00Agus Kusnawanagus.kusnawan@ubd.ac.idSelamet Riyadiss@gmail.com<p>Kebudiluhuran dan pekerti luhur merupakan nilai fundamental yang menopang moral masyarakat di tengah tantangan modernisasi dan globalisasi. Artikel ini membahas pergeseran nilai-nilai tradisional akibat perkembangan teknologi, arus globalisasi, dan pengaruh budaya populer. Tantangan seperti individualisme, materialisme, dan pragmatisme menggerus nilai-nilai luhur seperti kesederhanaan, kejujuran, dan hormat. Meskipun demikian, peluang untuk menguatkan kebudiluhuran tetap ada melalui pendidikan karakter, peran keluarga, kolaborasi sektor publik-swasta, dan pemanfaatan teknologi secara bijak. Pendidikan tinggi, seni budaya, dan kebijakan publik juga berperan strategis dalam menjaga nilai-nilai luhur ini. Dengan kolaborasi berbagai pihak dan strategi holistik, kebudiluhuran dapat menjadi landasan etis dalam menciptakan masyarakat yang harmonis, beradab, dan berkelanjutan. Artikel ini menggarisbawahi pentingnya komitmen kolektif dalam mempertahankan kebudiluhuran di tengah arus perubahan global.</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3301Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Modern Multi Kemasindo2024-10-02T11:30:50+00:00Natasha Putrinatashaaurl2609@gmail.comAgustinus Priyowidodoagustinus.priyowidodo@ubd.ac.id<p>abc</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3397asda2024-10-17T03:55:07+00:00Metha Sima Putrimettasimaputri42@gmail.com<p>asdad</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3298Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan PT. Alie Marmer Galeri2024-10-02T11:14:57+00:00Lydia Agnestasyaagnestasyalydia@gmail.comYanti Puspa Riniyanti.pusparini@ubd.ac.id<p>abc</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3384asdf2024-10-15T03:58:55+00:00SintaSintaita29@gmail.com<p>asadfsf</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3295Pengaruh Pelatihan Kerja, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di PT. Penta Power Indonesia)2024-10-02T10:59:59+00:00Michelle AgustinMichelleagustin69@gmail.comNana Sutisnanana.sutisna@ubd.ac.id<p>abc</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3359asad2024-10-08T07:16:07+00:00Fernando Micchofernandoiccho8@gmail.comAgus Kusnawanagus.kusnawan@ubd.ac.id<p>asaada</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3292Pengaruh Kualitas Pelayanan, Gaya Hidup, Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Kafe Teratai Tangerang2024-10-02T10:26:20+00:00Richierichie007ku@gmail.comDiana Silaswaradiana.silaswara@ubd.ac.id<p>abc</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3354as2024-10-08T03:14:03+00:00Manuella Beatricebeatricemanuellaaa@gmail.com<p>as</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3338Pengaruh Lingkungan Kerja, Stress Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kusuma Megahperdana2024-10-07T03:54:06+00:00Aurellia Kusuma Dewiaurelliakd06@gmail.com<p>asdf</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3566Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Pembayaran Non Tunai (Cashless), Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Coffee Shop Kips Kopi2025-02-18T01:28:27+00:00Jessica Mayana Sinagajessica@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini mengetahui dampak secara parsial maupun bersama-sama variabel penggunaan e-commerce, pembayaran non tunai (cashless), dan promosi di Coffee Shop Kips Kopi. Metode pengumpulan data memakai angket tertutup. Angket disebar ke pelanggan Coffee Shop Kips Kopi berjumlah 100 pelanggan. Teknik analisis data yaitu regresi berganda. Hasil penelitian parsial yaitu penggunaan e-commerce (t-value 7,196), pembayaran non tunai (t-value -0,499), dan promosi (t-value 3,128) berdampak pada kepuasan pelanggan lebih dari t tabel yaitu 1.661. Secara simultan penggunaan e-commerce, pembayaran non tunai (cashless), dan promosi berdampak pada kepuasan pelanggan dengan nilai F-values 38,341 > F tabel 2,70. Kesimpulan yang dapat diambil secara partial dan simultan penggunaan e-commerce, pembayaran non tunai (cashless), dan promosi berdampak pada kepuasan pelanggan Coffee Shop Kips Kopi</p>2025-02-18T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2025 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3327Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bintang Medika Bersama2024-10-03T12:20:52+00:00Gabriela Monicagabrielamonica633@gmail.comSugandhasugandha.sugandha@ubd.ac.id<p>asd</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3398asda2024-10-17T06:10:36+00:00Jenny JayatiJennyjayati47@gmail.com<p>asdfa</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3299Pengaruh Komunikasi, Kerjasama Tim, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Budi Makmur Perkasa2024-10-02T11:20:01+00:00Leonardo Andreanandreanleonardo1@gmail.comErizka Trinurfa Yuliadierizka.trinurfa@ubd.ac.id<p>Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengungkapkan dampak yang diberikan oleh komunikasi, kerjasama tim, dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja karyawan di PT. Budi Makmur Perkasa. Dalam penelitian ini, sampel yang terdiri dari 142 responden, seluruhnya adalah karyawan dari PT. Budi Makmur Perkasa, telah digunakan. Pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner, dan analisis data telah diolah menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Interpretasi dari nilai determinasi koefisien (R) menyatakan bahwa Komunikasi, Kerjasama Tim, dan Motivasi Kerja secara kolektif berkontribusi pada pemahaman kinerja karyawan, dengan R yang tercatat sebesar 0,931, R Kuadrat 0,866, dan R Kuadrat Disesuaikan mencapai 0,862. Penemuan ini menegaskan hubungan yang sangat kuat antara variabel independen dan dependen, dengan nilai R yang tercatat 0,931, sedangkan R Kuadrat yang mencapai 0,866 dan nilai R Kuadrat Disesuaikan yang tercatat sebagai 0,862 menunjukkan kekuatan hubungan tersebut. Tingkat signifikansi yang diraih adalah 0,000, menunjukkan nilai yang sangat rendah dibandingkan dengan ambang batas yang diakui sebesar 0,05. Melalui uji F (Simultan), diperoleh kesimpulan bahwa variabel independen, yakni Komunikasi (X1), Kerjasama Tim (X2), dan Motivasi Kerja (X3), mempengaruhi secara bersama-sama kinerja karyawan (Y).</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3394asad2024-10-16T10:53:20+00:00Cesilcesil0806@gmail.com<p>asdsa</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3296Pengaruh Lingkungan Kerja, (K3) Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, Dan Karakteristik Individu Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Asia Prima Packaging2024-10-02T11:04:53+00:00Della Efratadellaefrata21@gmail.comGregorius Widiyantogregorius.widiyanto@ubd.ac.id<p>abc</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3381asdad2024-10-14T03:19:48+00:00Yovita Fitri Andriyaniyovitafitriandriyani12@gmail.com<p>adsda</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3293Pengaruh Profesionalisme, Komunikasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan di CV Leeloo Corpora2024-10-02T10:45:17+00:00Josua Nuarinuarijosua99@gmail.comSonny Santosasonny.santosa@ubd.ac.id<p>abc</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3355asd2024-10-08T03:19:29+00:00Yogi HartonoKurokaito1412@gmail.comFidellis Wato Tholokfidel.wato@ubd.ac.id<p>adsd</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnishttps://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/3347as2024-10-07T06:06:19+00:00Natasha Adelinenatashaadeline6865@gmail.comSuhendar Janamartasuhendar.janamarta@ubd.ac.id<p>adad</p>2024-10-26T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis