Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Pajak, Pelayanan Fiskus dan Penerapan System E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Menyampiakan SPT Tahunan (Studi Kasus Karyawan di PT Delcoprima Prima)

  • Irma Marupa Gaol Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, Tidak semua wajib pajak patuh memenuhi kewajiban perpajakannya, sehingga dari tahun ke tahun, realisasi penerimaan pajak belum mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, sanksi pajak, pelayanan fiskus, dan penerapan system e-fillingĀ  terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di PT Delcoprima Pacific. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online di PT Delcoprima Pacific dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan perpajakan dan penerapan System e-filling secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan sosialisasi perpajakan, sanksi pajak dan pelayanan fiskusĀ  secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, akan tetapi pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, sanksi pajak, pelayanan fiskus dan penerapan system e-filling secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

Published
2022-02-07
How to Cite
GAOL, Irma Marupa. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Pajak, Pelayanan Fiskus dan Penerapan System E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Menyampiakan SPT Tahunan (Studi Kasus Karyawan di PT Delcoprima Prima). Global Accounting, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 86-98, feb. 2022. ISSN 2828-0822. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/ga/article/view/1112>. Date accessed: 05 july 2022.