Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Solvabilitas Terhadap Audit Report Lag pada Perusahaan Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2018-2020

Authors

  • Aristia Satiadharma Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

return on asset ratio, current ratio, total aset, debt to equity ratio, audit report lag

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan solvabilitas dalam memberikan pengaruh terhadap audit report lag. Objek yang digunakan yaitu perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020.

Digunakan metode kuantitatif dengan jenis data sekunder, dimana sumbernya dari laporan keuangan serta laporan audit independen perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI pada tahun 2018-2020. Dalam penelitian in metode purposive sampling adalah teknik yang digunakan dalam melakukan pengumpulan data, dimana jumlah sampel sejumlah 54 sampel. Teknik menganalisis data berupa uji regresi linier berganda, dengan menggunakan program SPSS versi 25.

Setelah melalui proses analisis, hasilnya berupa solvabilitas secara parsial mempengaruhi audit report lag secara signifikan dan positif, bahwa profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan tidak mempengaruhi audit report lag secara signifikan, dan juga bahwa profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan solvabilitas tidak mempengaruhi audit report lag secara simultan.

Published

2022-06-16