Pengaruh Tax Planning, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2018 – 2020

Authors

  • Liven Liven Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax Retention Rate, Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Debt to Asset Ratio, Discretionary Accruals

Abstract

Manajemen perusahaan dalam melaporkan laporan keuangan memanajemen laba untuk menunjukkan kinerja perusahaan pada berbagai pihak yang memiliki kepentingan dengan pihak perseroan yang mana baiknya kinerja dapat tergambar dari kualitas laba usaha. Ditetapkan tujuan penelitian ini untuk menganalisa dampak yang diberikan Tax Planning, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan juga Leverage terhadap Manajemen Laba.

Dipergunakan model kuantitatif dengan populasi berjumlah 45 perusahaan yang tercatat dalam sektor barang konsumsi yang ada di BEI tahun 2018-2020. Ditetapkan sampel dengan jumlah 23 perusahaan yang pemilihannya dilakukan dengan model Purposive Sampling kemudian dilakukan analisa dengan mempergunakan regresi linear berganda.

Dari analisa yang dilakukan diperoleh bahwa Tax Planning berdampak pada Manajemen Laba. Sementara Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Leverage tidak memberikan dampak pada Manajemen Laba. Seluruh variabel independen secara simultan tidak memberikan dampak pada Manajemen Laba.

Published

2022-06-16