Pengaruh Leverage Profitability Dan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Peusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Tedaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2020)

Authors

  • Novita Permatasari Universitas Buddhi Dharma
  • Suryadi Winata Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Profitability, Corporate Social Responsibility (CSR), Tax Avoidance, Effective Tax Rate (ETR)

Abstract

Penelitian ini menerapkan metode purposive sampling dalam penentuan sampel. Analisis data yang diguanakan yakni regresi linier berganda serta sampel 9 (sembilan) dari 45 data dibidang makanan serta minuman yang memenuhi kriteria penelitian . Leverage, Profitability, Corporate Social Responsibility (CSR) digunakan sebagai Variable Independen serta Tax Avoidance sebagai Variable dependennya. Penelitian  menggunakan data sekunder dengan sumber laporan keuangan tahunan perusahaan melalui website www.idx.co.id. Pengolahannya dikerjakan dengan menerapkan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Versi 26. Pengukuran Tax Avoidance diproksikan dengan Effective Tax Rate (ETR). 

Tujuannya guna mengidentifikasi data empiris dari Pengaruh Leverage, Profitability, CSR terhadap Tax Avoidance perusahaan sub sektor makanan dan minuman dalam daftar Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Hasil dari analisis yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa : Leverage serta Profitability tidak berdampak terhadap Tax Avoidance, sedangkan CSR berdampak terhadap Tax Avoidance. Dan jika secara simultan Leverage, Profitability dan  Corporate Social Responsibility berdampak terhadap Tax Avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-16