Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Profitabilitas, dan Persistensi Laba Terhadap Earnings Response Coefficient (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Authors

  • Okviani Darmawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Koefisien Respon Laba, Total Aset, Debt to Asset Ratio, Return On Asset, Persistensi Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, struktur modal, profitabilitas, serta persistensi laba terhadap Earnings Response Coefficient. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 perusahaan yang didapatkan dari metode purposive sampling selama periode 2018-2020 sehingga keseluruhan sample menjadi 75 perusahaan. Data diolah menggunakan Software SPSS versi 25 dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan ukuran perusahaan, struktur modal, profitabilitas dan persistensi laba berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient. Namun secara parsial hanya ukuran perusahaan dan persistensi laba yang mempengaruhi Earnings Response Coefficient. Hal ini dilihat dari nilai signifikan mencapai 0.000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0.05.

Published

2022-06-16