Pengaruh Ukuran Perusahaan, Audit Tenure, Pergantian Auditor dan Leverage Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020

Authors

  • Peony Theresia Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Audit Tenure, Pergantian Auditor dan Leverage

Abstract

Audit delay merupakan perbedaan antara waktu atau tanggal pelaporan keuangan yang berbeda dengan tanggal opini audit. Audit delay yang panjang dapat terjadi dikarenakan banyak faktor, beberapa faktor umum yang mempengaruhi audit delay tersebut akan penulis jadikan variabel dalam penelitian kali ini.

Kajian ini menguji dampak dari setiap variabel yaitu, ukuran perusahaan, audit tenure, pergantian auditor dan leverage terhadap audit delay pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama tahun 2018-2020.

Populasi dari kajian ini adalah perusahaan makanan dan minuman. Kajian ini mempergunakan sampel sebanyak 36 perseroan (12 perseroan selama 3 tahun) yang diperoleh melalui purposive sampling. Data yang dipergunakan pada kajian ini ialah data sekunder yang diambil dari situs resmi www.idx.co.id. Kemudian data-data yang telah diperoleh akan diolah dengan menggunakan SPSS versi 28 dengan teknik analisis data berupa regresi logistik.

Hasil pengujian yang diperoleh dari kajian ini ialah ukuran perusahaan berdampak yang signifikan terhadap audit delay, sedangkan audit tenure, pergantian auditor dan leverage tidak berdampak yang signifikan terhadap audit delay.

Published

2022-06-16