Pengaruh Self Assessment System, Keadilan, Teknologi Dan Informasi Perpajakan Terhadap Penggelapan Pajak

Authors

  • Rania Louisandra Pratama Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Penggelapan Pajak, Self Assessment System, Keadilan, Teknologi, Informasi Perpajakan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar melihat pengaruh self assessment system, keadilan, teknologi dan informasi perpajakan terhadap penggelapan pajak. Variabel independent yang digundakan ialah self assessment system, keadilan, teknologi dan informasi perpajakan. Sedangkan variabel dependen yang dipergunakan ialah penggelapan pajak.

Pada penelitian ini populasinya adalah WPOP yang terdaftar di KPP Pratma Tigaraksa. Digunakan sampel sebanyak 90 responden di penelitian ini dengan metode pengumpulan data dengan kuesioner.

Teknik analisa data yang diaplikasikan merupakan teknik analisis model statistik dengan uji reliabilitas, uji validitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji normalitas, uji regresi linear berganda, uji F, uji R2, dan uji t.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, variabel self assessment system dan keadilan secara terpisah memberikan pengaruh berlawanan signifikan pada penggelapan pajak. Dan untuk variabel teknologi dan informasi perpajakan seraca parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan. Self assessment system, keadilan, teknologi dan informasi perpajakan secara bersama-sama memengaruhi penggelapan pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-16