Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

Authors

  • Viona Viona Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

ROE, SIZE, DER, PBV

Abstract

Tujuan pada penelitian disini ialah untuk menguji apakah faktor profitabilitas (ROE), ukuran perusahaan (SIZE), dan leverage (DER) bepengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV). Data sampel diambil dari 25 perusahaan yang telah ditentukan dan diolah.

Purposive sampling menjadi penentuan dalam pengambilan sampel dan jenis penelitian kuantitatif yang dipakai. Teknik analisis data dengan model regresi linear berganda dengan menggunakan  uji analisis data yang sudah ditentukan dengan alat bantu progam SPSS 25.

Hasil dalam uji yang telah dilakukan menyatakan profitabilitas (ROE) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) sedangkan ukuran perusahaan (SIZE) dan leverage (DER) mempunyai pengaruh positif tetapi tidak ada signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Selanjutnya, hasil uji simultan menunjukkan profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage secara bersama-sama terdapat pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Published

2022-06-16