Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Makanan dan MinumanYang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Authors

  • Kevin Kevin Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Total Aset, Rasio Lancar, Margin Laba Bersih, Rasio Harga Buku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manfaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020.

Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan selama 5 tahun pengamatan sehingga total sampel sebanyak 50. Data penelitian dianalisa menggunakan metode analisis regresi linear berganda untuk menentukan metode penelitian dengan aplikasi SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, likuiditas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, likuiditas, dan profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Published

2022-06-16