Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Chantika Audrey Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Laba

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh return on asset, return on equity, ukuran perusahaan dan leverage terhadap pertumbuhan laba. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pertumbuhan laba. Sedangkan variabel independennya adalah return on asset, return on equity, ukuran perusahaan dan leverage.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021 sehingga didapat sebanyak 9 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25.

Berdasarkan uji parsial didapat variabel return on asset, return on equity, ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hasil uji secara simultan di dapat variabel X1, X2, X3, dan X4 secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18