Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris : Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Agnes Melinda Martasari Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Perencanaan Pajak, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan perencanaan pajak terhadap manajemen laba. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Sedangkan variabel independennya adalah profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan perencanaan pajak.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2018-2021. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 9 perusahaan yang dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 25.

Berdasarkan uji parsial menunjukkan variabel profitabilitas dan perencanaan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan, leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Hasil uji secara simultan didapat variabel profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan perencanaan pajak secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18